Berbagai Macam Penyebab Keretakan Beton

Penyebab Keretakan Beton
Penyebab Keretakan Beton 

Berbagai Macam Penyebab Keretakan Beton merupakan hal yang tidak dapat dihindari dalam dunia konstruksi beton bertulang dan hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor. Dalam artikel ini akan dijabarkan berbagai macam penyebab keretakan beton, beserta cara mencegah dan solusinya.

Baca juga : Perbaikan Beton Keropos dan Gompal


Cara Mencegah Beton Dari Keretakan

  1. Lakukan penghitungan rencana struktur secara benar dan teliti serta keamanan seperti penambahan beban pada struktur bangunan untuk mengantisipasi hal yang bisa terjadi, seperti bencana alam
  2. Lakukan perencanaan kebutuhan bekisting yang kuat sesuai dengan kebutuhan agar beton dapat tertopang sesuai perencanaan
  3. Lakukan pengecekan dan pengawasan secara teliti, seperti pengecekan bekisting, pengecekan pemasangan besi tulangan, pengawasan pengecoran dan lainnya
  4. Tidak menyimpan besi untuk tulangan beton ditempat terbuka agar tidak terjadi korosi pada besi
  5. Proses curing beton hingga 28 hari untuk dapat menerima beban maksimal


Mengatasi Keretakan Beton
Mengatasi Keretakan Beton 

Macam-macam Penyebab Retak Pada Beton

  • Terjadinya bencana alam
  • Terdapat pergeseran tanah
  • Dimensi beton tidak sesuai
  • Salah perhitungan material
  • Usia beton telah melebihi batas
  • Kesalahan pada struktur tulangan.
  • Finishing beton cor tidak maksimal
  • Pembongkaran bekisting terlalu cepat
  • Tidak melakukan perawatan setelah cor 
  • Terdapat korosi pada besi tulangan beton
  • Campuran bahan material tidak seimbang
  • Berat beban diatas kemampuan daktilitas struktur bangunan
  • Material bahan yang digunakan kurang berkualitas dan kurang sesuai standar


Injeksi untuk Keretakan Beton
Injeksi untuk Keretakan Beton

Solusi Mengatasi Keretakan Beton dengan Injeksi

Lakukan identifikasi keretakan yang terjadi pada struktur sebagai upaya menentukan langkah selanjutnya yang harus diambil agar perbaikan beton dapat efektif dan efisien.

Untuk beton yang mengalami keretakan struktural, adalah retak yang dapat mengakibatkan retakan yang lebih besar hingga menembus atau bahkan membelah struktur beton tersebut, maka sangat disarankan dengan cara injeksi beton menggunakan material tertentu sesuai kondisi beton dengan tujuan mengikat kembali beton yang terpisah akibat retak sehingga menjadi kesatuan utuh speerti semula.

Baca juga : Harga Perbaikan Beton Metode Injeksi

  1. Beton kering
    Injeksi pada beton yang kering (tidak terkena air), bisa dilakukan menggunakan material epoxy resin grout, Bisasanya mempunyai kelebihan pada daya rekat yang sangat kuat, non-shrink, bermutu tinggi, dan low-viscosity sehingga dapat masuk ke dalam celah terkecil sekalipun.
  2. Beton basah
    Injeksi pada beton yang cenderung basah (terkena sumber air) dapat dilakukan dengan menggunakan material epoxy grout khusus yang berkualitas dan tahan air, untuk material berbahan dasar polyurethane disarankan tidak digunakan untuk perbaikan struktur beton karna material jenis ini hanya digunakan untuk menyumbat kebocoran


Proses Injeksi Beton
Proses Injeksi Beton

Siapa Yang Handal Memperbaiki Keretakan Beton ?

Setelah memahami macam-macam penyebab retak pada beton, tentu yang menjadi pertanyaan Anda sekarang adalah siapa yang handal, sudah berpengalaman dan ahli dalam memperbaiki keretakan beton dengan injeksi ? Karena tanpa ahlinya, keretakan beton bisa dapat terjadi lagi karena kurangnya pemahaman terhadap metode kerja injeksi beton yang benar.

PT. Niaga Artha Chemcons hadir untuk mengatasi masalah keretakan pada beton Anda. Kami memberikan konsultasi gratis untuk Anda mengenai keretakan beton, dengan KLIK DISINI.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar