Kesalahan Memperbaiki Beton Bocor


Kesalahan Memperbaiki Beton Bocor
Kesalahan Memperbaiki Beton Bocor


Musim hujan telah tiba, atap beton dan dinding menjadi rawan terhadap kebocoran. Umumnya rembesan air akan terlihat pada bagian bawah atap beton. Kemudian rembesan air tersebut akan meninggalkan bekas noda sehingga memperburuk tampilan bangunan. Bagaimana kebocoran pada beton bisa terjadi? Apakah ada kesalahan memperbaiki beton bocor? Berikut penjelasannya akan dibahas dalam artikel ini.

Baca juga : Produk Waterproofing Yang Bagus


Waterproofing Membrane
Waterproofing Membrane 

Beberapa kesalahan memperbaiki beton bocor

  • Salah pengaplikasian
    Penting untuk mengetahui titik kebocoran dengan tepat. Jika terdapat keretakan cukup besar, maka keretakan tersebut harus diperbaki terlebih dahulu dengan metode injeksi beton, setelah itu baru bisa dilapisi waterproofing. Untuk pengaplikasian waterproofing juga harus dipastikan kondisi area sudah bersih dari kotoran yang menempel, agar fungsi waterproofing menjadi efektif. 
  • Salah pemilihan material
    Ada banyak jenis material waterproofing untuk memperbaiki beton bocor, dimana setiap jenis tersebut memiliki fungsi pada area aplikasi yang berbeda. Seperti halnya, waterproofing membrane bakar yang tidak bisa diaplikasikan di dalam area toilet yang bocor. Maka agar tidak salah pilih material waterproofing, sebaiknya konsultasikan dahulu pada spesialis waterproofing yang berpengalaman.
  • Salah persepsi dan pemahaman
    Waterproofing memiliki jangka waktu tertentu dalam fungsi memperbaiki beton bocor sehingga bersifat tidak abadi. Banyak yang mengira area yang sudah dilindungi waterproofing selamanya tidak akan bocor. Daya tahan waterproofing ditentukan oleh faktor cuaca dan kondisi area. Fungsi waterproofing yang sudah 2 tahun tidak akan seefektif seperti saat awal pelapisan. Jadi bisa dilakukan pelapisan ulang waterproofing minimal setiap 2 tahun sekali agar tetap terhindar dari kebocoran.

Waterproofing Coating Gedung
Waterproofing Coating Gedung

    Berbagai faktor yang bisa menyebabkan kebocoran pada beton

    1. Suhu udara yang ekstrem akan memicu timbulnya retak susut pada beton
    2. Ketebalan cor beton tidak mencukupi atau tidak sesuai dengan kebutuhan beban beton
    3. Adukan cor beton kurang sempurna pada saat pembuatan dapat memicu keretakan pada beton
    4. Setelah proses pengecoran beton selesai, perawatan beton dengan curing compound tidak dilakukan
    5. Ketika beton belum kering sempurna (belum kuat), sudah diberi beban yang melebihi kapasitas kuat beton
    6. Terjadi pergerakan, baik di struktur bangunan atau pondasi sehingga plat beton mengalami gaya horizontal atau vertical
    7. Terjadi getaran pada bangunan karena adanya mesin besar seperti mesin genset, cooling tower, dan lainnya hingga memicu timbulnya keretakan pada beton
    Waterproofing Coating Untuk Rooftop
    Waterproofing Coating Untuk Rooftop

    Jasa Perbaikan Beton Bocor Professional

    PT. Niaga Artha Chemcons adalah perusahaan spesialis memperbaiki beton bocor telah banyak melakukan pekerjaan tersebut di bangunan gedung perkantoran, pabrik, hotel, apartement, dan lainnya. Dengan sangat professional serta dengan sumber daya yang telah berpengalaman.

    Setiap permasalahan kebocoran diperlukan penanganan yang berbeda-beda. Maka dari itu, langkah pertama yang kami lakukan adalah meninjau keadaan pada area kebocoran untuk memastikan penyebab dari kebocoran tersebut. Apakah kebocoran terseb96agustus

    ut diakibatkan oleh beton yang keropos atau hanya beton yang retak kecil agar dapat diketahui bagaimana metode penanganan yang tepat. 

    Untuk berkonsultasi lebih lengkap mengenai kesalahan waterproofing dalam memperbaiki beton bocor terbaik dengan team ahli kami, silahkan KLIK DISINI untuk menghubungi kami, atau bisa kirim email ke sales@ptnac.com.


    Tidak ada komentar :

    Posting Komentar