Injeksi Polyurethane

Proses Injeksi Polyurethane
Proses Injeksi Polyurethane
Injeksi Polyurethane adalah salah satu metode grouting untuk perbaikan kebocoran pada beton selain injeksi semen, keunggulan metode grouting perbaikan bocor dengan bahan polyurethane ini sangat efektif dan efisien untuk penggunaannya.


Dari beberapa metode perbaikan kebocoran, Injeksi Polyurethane adalah metode injeksi terbaik (pada kondisi tertentu) karena Polyurethane ini mampu secara efektif dan maksimal mengisi seluruh rongga yang terdapat pada beton meskipun bercelah sangat kecil. Hal ini dikarenakan material Polyurethane dapat mengembang dan membentuk busa padat dan bereaksi cepat apabila tersentuhan dengan air.

Injeksi Polyurethane merupakan salah satu metode perbaikan beton yang dilakukan untuk mengatasi kebocoran yang berasal dari celah-celah kecil seperti kapiler, retak atau pecah, dan sambungan atau joint. 

Polyurethane grout atau injeksi polyurethane yang digunakan untuk metode pekerjaan perbaikan kebocoran pada beton ini tahan terhadap air panas dan tahan terhadap beberapa jenis bahan kimia serta tidak dapat terurai ulah tanah. 
Dalam pengaplikasiannya, proses reaksinya material ini akan  membuat ikatan partikel sehingga membentuk busa padat dan kedap air, proses expanding atau mengambang reaksi polyurethane ini akan bergerak ke semua arah sehingga menutup celah kosong pada beton.        

Polyurethane atau yang biasa disebut PU merupakan material premium yang berkualitas tinggi. Material ini berbentuk liquid yang bersifat solvent foam dan solid untuk mengisi rongga atau struktur retak halus crack, leaks maupun retak renggang. 

Persiapan Material Injeksi Polyurethane
Persiapan Material Injeksi Polyurethane

Proses Pelaksanaan Injeksi Polyurethane
Proses Pelaksanaan Injeksi Polyurethane

Hasil Injeksi Polyurethane
Hasil Injeksi Polyurethane

Berikut, berbagai Keunggulan Injeksi Polyurethane (berbanding metode Injeksi semen): 

  1. viscositas rendah (encer) sehingga dapat menembus celah kecil
  2. setting time cepat (bereaksi cepat) dalam hitungan kurang dari 1 menit 
  3. memiliki sifat padat dan kedap air
  4. Flexible terhadap suhu rendah s/d 0 Derajat Celcius.
  5. Flexible terhadap suhu tinggi s/d 100 Derajat Celcius.
  6. Tahan terhadap oli dan beberapa bahan kimia lainnya.
  7. Tahan terhadap keburukan yang disebabkan oleh oksigen, atmosfir dan ozon.
  8. Tidak mudah rusak, kekuatannya lebih baik daripada bahan Karet.
  9. Mudah digunakan serta membentuk bidang kosong dalam rongga.
  10. Kemampuan isolasi cukup baik.
  11. Minim perpindahan titik kebocoran 
Injeksi Polyurethane atau polyurethane grout ini dapat diaplikasikan pada metode perbaikan kebocoran setiap struktur konstruksi beton seperti terowongan, dermaga, jembatan, basement, silo, fire tank, balkon, abutment, kolam renang, dak atap, dak kamar mandi, kolom, balok, pit lift, lantai beton, jalan toll dan berbagai macam bentuk bangunan lainnya.  

Untuk melihat harga perbaikan beton dengan metode injeksi dapat dilihat pada artikel (Harga Perbaikan Beton Metode Injeksi).

Untuk berkonsultasi lebih lengkap mengenai Injeksi Polyurethane dengan team ahli kami, silahkan KLIK DISINI untuk menghubungi kami, atau bisa kirim email ke sales@ptnac.com.

No comments :

Post a Comment