Bangun Rumah Rusak Pasca Gempa dan Puting Beliung

Bangun Rumah Rusak Pasca Gempa dan Puting Beliung

bangun rumah
Bangun Rumah yang rusak karena bencana alam seperti gempa dan angin puting beliung yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya “Rumah rusak karena Puting beliung” tentunya harus memikirkan dan mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya degan membangun rumah dengan struktur tahan gempa dan puting beliung. Biasanya salah satu penyebab besarnya kerusakan karena kondisi struktur bangunan yang tidak memenuhi standar keamanan terhadap gempa bumi dan bencana alam lainnya.

Ada beberapa paduan untuk membangun rumah yang tahan terhadap gempa dan puting beliung sebagai berikut :
  1. Struktur Utama, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi misalnya :
    • Ukuran minimum fondasi : Jika keadaan tanah cukup keras, fondasi batu dapat dibuat dengan ukuran lebar atas minimal 30cm lebar bawah minimal 60cm, dan ketinggian minimal 60cm
    • Balok pengikat/slof : Ukuran balok 15 x 20cm tulangan utama 10mm, tulangan begel 8mm, jarak tulangan begel 15cm, dan tebal selimut beton 15cm
    • Spesifikasi Kolom Ukuran kolom : 15 x 15cm, tulangan utama baja 10mm, tulangan begel baja 8mm, Jarak antar begel: 15 sentimeter Tebal selimut beton dari sisi terluar: 15mm.
    • Balok Pengikat/Ring
      struktur balok rumah
  2. Struktur Atap, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi misalnya :
    • Bingkai ampig: terbuat dari struktur beton bertulang, dengan ukuran 15 x 12cm.
    • Ampig terbuat dari susunan bata dengan komposisi adukan 1 semen : 4 pasir, dan diplester.
    • Pada bagian gunung gunung atau ampig terbuat dari pasangan bata yang diplester. Tulangan utama: 10mm, begel 8mm, tebal selimut beton 1cm
    • Bahan ringan seperti papan dan GRC (Glassfiber Reinforced Cement) dianjurkan untuk meminimalisir dampak jika ampig roboh. 
      struktur rangka atap rumah
  3. Standar Dinding :
    • Diameter angkur 10mm, dipasang dengan panjang 40cm setiap 6 lapis bata.
    • Dinding dilester dengan perbandingan campuran 1 semen : 4 pasir dengan tebal 2cm
    • Luas area tembok maksimum 9m²
    • Jarak antar kolom maksimum 3m 
      struktur dinding rumah
  4. Standar Pengecoran
    1. Pengecoran Beton. Pengecoran kolam dilakukan tiap 1m, Pastikan bekisting atau cetakan benar-benar kuat dan rapat. Bekisting dapat dilepas setelah 3 hari. Saat pengecoran, beton dimampatkan dengan tulangan atau bambu agar tidak ada celah
    2. Pengecoran Balok Tulangan dirangkai di atas dinding Bekisting pada balok gantung harus diberi penyangga agar kokoh Bekisting pada balok yang menempel di dinding dapat dilepas setelah 3 hari. Sedangkan pada balok gantung baru bisa dilepas setelah 14 hari.

  
Dan yang terpenting, untuk campuran bahan bangunan juga harus sesuai strandar sebagai berikut :
  • Campuran beton: 1 ember semen, 2 ember pasir, 3 ember kerikil, dan setengah ember air. Ukuran kerikil juga harus diperhatikan. Kerikil yang baik memiliki ukuran maksimum 2mm, dengan gradasi yang baik, gunakan selalu semen tipe 1, penambahan air juga dilakukan sedikit demi sedikit, serta disesuaikan agar beton dalam keadaan pulen (tidak encer dan tidak terlalu kental).
  • Mortar : 1 ember semen, 4 ember pasir, dan air secukupnya
  • Fondasi : terbuat dari batu kerikil atau batu kali yang keras.
  • Kayu yang digunakan harus berkualitas baik, keras, berwarna gelap, tidak ada keretakan, dan lurus.


Jika anda memiliki anggaran dan ingin menggunakan jasa kontraktor untuk proyek pembangunan rumah atau bangunan lainnya, sebaiknya cari dengan teliti kontraktor yang benar-benar berpengalaman, jujur, serta profesional. 


Niaga Artha Chemcons merupakan kontraktor umum, Jasa Renovasi, Jasa waterproofing, waterstop, perbaikan beton, chemichal anchor, perkuatan struktur beton, firestop, dan masih banyak lagi. Kami memiliki tenaga professional yang sudah berpengalaman di bidangnya dan memiliki banyak pengalaman dan referensi kerja. Kami juga selalu memberikan kualitas jasa dan material yang terbaik bagi klien – klien kami. kami siap melayani anda untuk berkonsultasi mengenai masalah property / kontruksi, silahkan menghubungi kami melalui telephone 081807056556/021-82413289 atau melalui email di na.chemcon@gmail.com.

No comments :

Post a Comment