Injeksi kebocoran pada Saluran Air Laut di PLTU

Injeksi kebocoran pada Saluran Air Laut di PLTU

injeksi kebocoran

Injeksi kebocoran pada saluran air laut di PLTU Muara Karang dilakukan karena terjadi kebocoran pada jalur retakan dan keropos pada beton. Area kerja ini adalah tunel supply air untuk diarahkan menuju turbin sebagai air produksi uap, sifat air laut yang mengandung garam tinggi mengakibatkan beton mudah abrasi dan penetrasi / permeabilitas berlebih dan menyentuh tulangan akan mengakibatkan tulangan (besi) mudah berkarat sehingga kondisi struktur menjadi berkurang dari awal struktur ini dibangun, dan apabila hal ini dibiarkan terlebih dalam jangka waktu yang lama akan berdampak struktur beton menjadi lemahsehingga mengakibatkan kerusakan yang lebih besar.
Pemberi tugas pada proyek ini adalah PT.Sumber Terang Buana.

Aplikasi injeksi dilakukan di 2600 titik kebocoran. Tingkat kesulitan atau kendala yang terjadi yaitu perpindahan area kebocoran akibat pengalihan sumbatan air dari satu titik ke titik kebocoran yang lain. Namun hal ini dapat diatasi oleh team dan hanya memakan waktu 6 hari kerja.

Material yang digunakan yaitu polyurethane grout PU 300 pentens dan pluging menggunakan semen + accelerator shotcrete ex fosroc.

Setelah pekerjaan injeksi kebocoran selesai, kemudian dilakukan pekerjaan FRP Lining pada sisi dalam saluran air untuk melindungi beton terhadap air laut dan temperatur yang sangat tinggi.

Untuk mengatasi permasalahan perlindungan terhadap kebocoran atau ingin berkonsultasi, silahkan menghubungi kami melalui telephone 081807056556 / 021-82736632 atau melalui email di na.chemcon@gmail.com.

KLIK UNTUK LIHAT DOKUMENTASI

No comments :

Post a Comment