Jembatan Cisomang Bergeser, Bagaimana Perbaikannya?

Jembatan Cisomang Bergeser, Bagaimana Perbaikannya?

jembatan cisomang bergeser

Jembatan Cisomang bergeser pada pondasinya sejauh 1,4 cm dan mengakibatkan pergerakan sejauh lebih dari 50 sentimeter, setidaknya itu yang diberitakan media pada akhir tahun 2016 ini.

Jembatan yang berlokasi di ruas Tol Cipularang tersebut selama dalam proses perbaikan kendaraan bertonase besar dilarang melintas dan hanya kendaraan golongan 1 yang diperkenankan melintas.

Larangan tersebut adalah pilihan tepat mengingat dengan adanya pergeseran pada pondasi umumnya berakibat pilar dan balokan struktur jembatan mengalami deformasi sehingga kekuatan duktilitas, kuat lentur dan kuat geser jembatan menjadi lemah.

Apa yang dilakukan pihak terkait pada kasus jembatan cisomang yang bergeser ini ?? dalam hal ini Pihak Jasa Marga dan Bina Marga

  1. Mengikat Kembali beton yang terpisah akibat retak ( silahkan baca : Memperbaiki Beton Retak Dengan Metode Injeksi )
  2. Memperkuat pilar dan balokan dengan mengunakan serat karbon ( silahkan baca : Perkuatan Struktur Jembatan )
  3. Memperkuat pondasi dengan bored pile dan grouting pada sisi pondasi

LALU APA YANG DILAKUKAN JASA MARGA ?? (baca artikel kami yang berjudul "Perbaikan Jembatan Cisomang" )

Perbaikan beton dan perkuatan beton atau struktur beton adalah salah satu keahlian / spesialisasi dari PT Niaga Artha Chemcons, silahkan berselancar dalam web kami ini dan baca artikel-artikel yang berhubungan dengan perbaikan beton, perkuatan beton, waterproofing, epoxy lantai, firestop dan fire protection dan banyak lainnya.

No comments :

Post a Comment